4 Januari 2011

Rupiah Sore Naik 21 Poin

INDONESIA PLASA

Selasa, 4 Januari 2011 16:23 WIB

Jakarta
Kurs rupiah terhadap dolar AS di pasar spot antarbank Jakarta, Selasa sore, menguat ke 8.979 per dolar AS atau 21 poin lebih baik dibanding posisi penutupan hari sebelumnya.

Rupiah menguat menjadi 8.979/8.984 per dolar AS dari sebelumnya 9.000/8.980 per dolar AS. Dolar AS yang tertekan membuat rupiah terus menguat.

Analis keuangan Millenium Danathama Securities Ahmad Riyadi mengatakan, kenaikkan rupiah cenderung mendatar pada hari ini.

"Pergerakan Rupiah yang cenderung membaik, kemungkinan tertahan oleh intervensi Bank Indonesia (BI) yang mengkhawatirkan rupiah akan terus menguat. BI mengharapkan posisi rupiah tidak jauh dari level 9.000 per dolar agar pendapatan BI dari ekspor tidak berkurang," katanya.

Selain itu, lanjut dia, menguatnya rupiah masih terpicu oleh aliran dana asing yang masih masuk ke dalam negeri terutama pasar modal yang juga menyokong indeks Bursa Efek Indonesia (BEI) ke level 3.750-an poin," ujarnya.

"Fundamental ekonomi makro Indonesia yang makin baik merupakan faktor utama mendorong pelaku pasar masih membeli rupiah, meski dolar AS di pasar global bergerak naik terhadap mata uang utama di dunia," ujarnya.

Ia menambahkan, dengan naiknya indeks BEI mendorong mata uang dalam negeri juga menguat, pelemahan dolar juga dipicu oleh penguatan mata uang lainnya seperti euro, dolar Aistralia dan yen.

"Faktor positif lainnya, yang mendukung rupiah antara lain perkiraan membaiknya ekonomi dalam negeri yang akan tumbuh 6,4 persen dan fundamental ekonomi dalam negeri yang kuat," ujarnya.

Sementara menurut data kurs tengah Bank Indonesia (BI) hari ini Rupiah berada pada posisi 8.976, tidak bergerak dibanding perdagangan sebelumnya pada Senin (3/1) yang juga berada pada posisi 8.976.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INDONESIA PLASA