19 Januari 2011

Karyawan Indonesia Buat Anjungan Pengeboran Untuk Thailand

INDONESIA PLASA

Rabu, 19 Januari 2011 16:08 WIB

Batam

Para karyawan Indonesia di McDermott membangun anjungan pengeboran lepas pantai "The Platong Gas II" untuk dioperasionalkan di Thailand.

"Ini adalah karya anak Indonesia dan dikerjakan tanpa ada kecelakaan kerja," kata Manager Divisi McDermott International Incorporation, Ricky Esclante, Rabu.

Sebanyak 3.000 pekerja McDermott, yang seluruhnya warga negara Indonesia membangun anjungan lepas pantai yang akan digunakan mengebor minyak untuk kepentingan dalam negeri Thailand.

"Yang membanggakan The Platong Gas II dibangun dalam 10.000 juta jam kerja tanpa kecelakaan," katanya.

Pekerja asing itu mengatakan bangga dengan capaian pekerja Indonesia yang merancang dan membangun anjungan pengeboran minyak lepas pantai sesuai dengan yang diinginkan.

Ia mengatakan "The Plattong Gas II" merupakan proyek terbesar bagi McDermott dari seluruh lokasi pembangunan yang dimiliki.

Anjungan seberat 20.000 ton itu rencanya akan dibawa ke Thailand pada 16 Maret 2011, kata dia, untuk dChevron mengeruk minyak lepas pantai.

Selain anjungan pengeboran lepas pantai, McDermott juga membangun jacket, semacam tiang untuk menopang anjungan di atas laut, seberat 23.000 ton."Jaket itu untuk tempat duduk anjungan," kata dia.

Di tempat yang sama, President Chevron Asia Pasific Exploration and Production, Jim Blacwell, mengatakan bangga dengan karya yang sangat sarat tantangan itu.

Senada dengan Blacwell, Gubernur Kepulauan Riau Muhammad Sani mengatakan bangga dengan prestasi anak bangsa.

"Yang paling membanggakan ini dibangun anak bangsa," kata Gubernur. "The Platong Gas II" akan diletakkan di 120 mil lepas pantai Thailand.

"Platong Gas II" didesain untuk dapat memproses hingga 420 juta kaki kubik gas alam per hari untuk memenuhi kebutuhan domestik Thailand.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INDONESIA PLASA