19 Januari 2011

Produsen Mobil China Bangun Pusat Litbang di AS

INDONESIA PLASA

Kamis, 20 Januari 2011 07:44 WIB
Beijing

Changan Automobile Group China, hari Kamis mengumumkan akan membuka pusat penelitian dan pengembangan di kota motor AS, Detroit. AFP yang mengutip media pemerintah China melaporkan bahwa Changan akan menjadi produsen mobil China pertama yang memiliki basis penelitian di AS, kantor berita Xinhua melaporkan.

Pengumuman itu datang seiring Beijing dan Washington menandatangani kesepakatan perdagangan senilai 45 miliar dolar AS selama kunjungan kenegaraan Presiden China Hu Jintao ke Amerika Serikat.

Pusat penelitian di Detroit itu akan mengkhususkan diri dalam teknologi chasis, proses riset mesin dan manufaktur dibantu komputer, kata pemimpin Changan, Xu Liuping dalam keterangan seperti dilaporkan kantor berita Xinhua.

"Pusat penelitian itu akan memainkan peranan penting dalam meningkatkan sistem pengembangan produk global kami dan dalam menangkap tren teknologi otomotif global," kata Xu.

Di antara kesepakatan yang ditandatangani dalam kunjungan Hu adalah 19 miliar dolar kontrak bagi China untuk membeli 200 pesawat Boeing.

Berbasis di barat daya pusat ekonomi China Chongqing, Changan sudah memiliki pusat-pusat penelitian di luar negeri di Turin di Italia, Yokohama di Jepang dan Nottingham di Inggris.

Xinhua mengatakan, pusat penelitian Detroit diharapkan menghasilkan lebih dari 100 pekerjaan berteknologi tinggi bagi masyarakat lokal dalam jangka waktu lima tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INDONESIA PLASA