10 Januari 2011

Peserta Wirausaha Mandiri 2010 Capai 3.395 Mahasiswa

INDONESIA PLASA

Minggu, 9 Januari 2011 23:19 WIB

Jakarta
Peserta kompetisi wirausaha mandiri yang diselenggarakan PT.Bank Mandiri Tbk pada 2010 hingga saat ini mencapai 3.395 mahasiswa dan jumlah ini meningkat dibandingkan 2009 yang hanya mencapai 1.706 peserta.

Direktur Finance and Strategy Bank Mandiri Pahala N Mansury saat ditemui di Jakarta, Minggu, mengatakan, hal tersebut menunjukkan minat generasi muda untuk beriwirausaha semakin meningkat.

"Kami yakin dengan meningkatnya angka kewirausahaan, maka tingkat kesejahteraan bagi lingkungan sekitar juga meningkat dan mendorong perekonomian Indonesia," ujarnya.

Menurut dia, program wirausaha mandiri selain bertujuan untuk mengubah pola pikir mahasiswa untuk mulai beriwirausaha, namun juga dapat mengurangi ketergantungan pada ketersediaan lapangan pekerjaan.

"Wirausaha juga dapat membuka lapangan pekerjaan baru dan membantu menurunkan angka pengangguran," ujar Pahala.

Sementara, penghargaan pemenang kompetisi wirausaha Mandiri akan berlangsung 20 Januari 2011 pada ajang expo Wirausaha Mandiri dan penghargaan tersebut terbuka untuk mahasiswa kategori diploma dan sarjana serta kategori pascasarjana dan alumni.

Penjurian tingkat nasional dilakukan pada 18 Januari 2011 dan jenis bidang usaha yang dikompetisikan meliputi bidang industri seperti pertanian, perkebunan, perikanan dan jasa. Kemudian industri boga yang meliputi berbagai pengolahan makanan dan minuman.

Serta, industri kreatif yang terdiri dari design fashion, video, film dan fotografi, kerajinan, desain, arsitektur dan layanan komputer.

Rangkaian program wirausaha mandiri terbagi dalam beberapa kegiatan, seperti sosialisasi modul kewirausahaan, workshop dan expo Wirausaha Mandiri, beasiswa Wirausaha Mandiri, penghargaan Wirausaha Mandiri dan beasiswa business plan dan program awi-awi Mandiri.

Pada penyelenggaraan 2010, pelatihan kewirausahaan tidak hanya diberikan kepada mahasiswa namun juga dosen untuk memperdalam pemahaman terhadap materi modul kewirausahaan sehingga menjadi referensi pengajaran mata kuliah di perguruan tinggi.

Saat ini, modul kewirausahaan tersebut digunakan 264 perguruan tinggi di seluruh Indonesia, setelah dilakukan sosialisasi pada 13 kota dan diikuti oleh 1.265 dosen perguruan tinggi negeri dan swasta.

Program Wirausaha Mandiri ini merupakan program tanggung jawab sosial perusahaan yang difokuskan pada bidang kewirausahaan dan pendidikan sejak 2007.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INDONESIA PLASA