1 November 2010

ANDA INGIN BISNIS KENALI EMPAT MUSIM EKONOMI

INDONESIA PLASA

Herman Susanto

Kenali Empat Musim Ekonomi
Mari kita bayangkan sebuah gedung yang bertingkat tinggi. Satu hal utama yang paling penting adalah fondasi gedung tersebut. Fondasi yang kuat akan menentukan juga kekuatan dari gedung tersebut.

Hal yang tak kalah penting lainnya adalah pilar-pilar yang menopang bangunan gedung tersebut. Jika pondasi kuat tetapi pilarnya tidak kuat maka gedung tersebut relatif akan dapat roboh.

Ada 2 pilar penting yang harus diperhatikan sehingga bisnis anda dapat melambung tinggi, antara lain:

1. Attitude/Sikap

Salah satu pilar utama yang sering membuat pengusaha bermasalah adalah sikap. Ada begitu banyak di media yang memberitahu kita, betapa buruknya pemilik bisnis lupa untuk melihat bisnisnya dalam gambaran yang besar (big picture).

Mereka mendengar adanya krisis (resesi/ekonomi menurun) musim gugur dan takut serta panik akan hal tersebut. Kenyataannya, ada banyak bisnis yang menghasilkan uang yang besar beberapa tahun ini. Indeks Dow Jowns terus naik dan banyak perusahaan besar yang mencetak keuntungan.

Bagaimana sikap anda terhadap isu resesi atau krisis? Dan jika kita dalam masa resesi atau ekonomi menurun, apakah ada aturan yang mengharuskan kita mengalami penderitaan juga? Tentu saja tidak. Coba pikirkan, kapankah kita dapat mengubah meraih keuntungan besar kita pada masa depan? Saat ekonomi membaik atau saat resesi? jawabannya cukup membingungkan bukan?

Jawabannya adalah: awal saat kita dapat meningkatkan keuntungan kita, justru saat adanya resesi, mengapa? Ada beberapa kesempatan saat ekonomi menurun (jika anda memiliki uang cash yang kuat), antara lain :

  • Bukankan saat ini merupakan waktu yang tepat untuk membeli perusahaan kompetitor anda yang sedang mengalami kesulitan?
  • Merekrut staf yang baik dengan gaji yang relatif rendah.
  • Waktu yang tepat untuk mendapatkan lokasi yang baik dengan harga sewa atau harga beli yang relatif rendah.
  • Waktunya untuk mendapatkan suplier dengan harga murah dan kondisi term of payment yang dapat dinegosiasikan.
Seseorang yang khawatir dan memiliki sikap yang tidak benar tentang kondisi ekonomi adalah seseorang yang tidak mengerti bagaimana ekonomi bisnis bekerja.

Mereka tidak memahami bahwa musim selalu berubah dari musim panas ke musim dingin/hujan, demikian juga musim ekonomi juga berubah. Kami akan membahas musim ekonomi di bawah ini

2. Musim ekonomi
Musim berjalan terus dari musin summer (panas) ke autumn (gugur), kemudian ke winter (dingin) dan ke spring (semi). Banyak yang lupa betapa pentingnya seorang pengusaha mengetahui tentang musim ekonomi dan bagaimana musim ekonomi ini bekerja.

Jika anda tinggal di daerah pertanian, selama musim panas, anda perlu membuat jerami tanaman sebelum matahari terbit. Tetapi sayangnya saat musim panas, malahan banyak pengusaha yang menghabiskannya untuk konsumsi yang tidak produktif.

Anda perlu membuat “tumpukan jerami” agar selamat melewati musim dingin ekonomi, hal ini berarti seharusnya dalam kondisi musim panas seharusnya pengusaha banyak menyimpan uangnya.

Apa yang harus dilakukan pengusaha pada saat musim ekonomi, dikupas sebagai berikut :
  • Musim summer (panas), pengusaha seharusnya menaikkan harga jual dan carilah cara untuk meningkatkan keuntungan anda. Pada masa ini anda seharusnya menyisihkan atau menyimpan uang anda dari hasil usaha anda
  • Musim falls (gugur), adalah waktunya “pembersihan” untuk mempersiapkan musim winter (dingin). Caranya adalah menyingkirkan “sapi-sapi” yang sakit yang dapat mengganggu bisnis anda. Lakukan penghematan baik dari sisi pengeluaran maupun dari sisi penghematan harga pokok penjualan atau harga pokok produksi. Pada musim ini anda tetap harus menyimpan uang anda untuk mempersiapkan ke musim dingin.
  • Musim winter (dingin), masa ini adalah masa krisis/resesi, dimana harga harga cenderung jatuh, harga properti murah, tenaga kerja murah, barang dagang juga murah. Banyak perusahaan yang dijual karena persaingan yang ketat. Ini adalah waktunya untuk mempersiapkan agar keuntungan dapat anda peroleh pada masa depan. Pada saat ini anda sudah mempersiapkan uang anda (waktu musim falls). Ini adalah waktu terbaik untuk mendapatkan tenaga kerja yang terbaik, melakukan pembelian barang dagang, mengubah strategi marketing anda atau memindahkan lokasi usaha anda ke lebih strategis. Di sini juga waktu yang sangat tepat untuk membeli perusahaan terutama kompetitor. Ini semua dilakukan untuk mempersiapkan ke musim semi. Indonesia dan dunia saat ini sedang di ujung akhir masa dingin dan beberapa bulan ke depan akan masuk ke musim semi.
  • Musim spring (semi), di sini pertumbuhan ekonomi mencapai puncaknya. Di sini anda melakukan “panen”, anda akan memperoleh keuntungan yang tinggi karena anda memiliki barang dagangan yang lengkap dan karyawan yang handal serta memiliki beberapa perusahaan.
Musim juga berganti, demikian juga strategi bisnis juga harus berganti. Kita sebagai pengusaha harus menyadari akan adanya pergantian musim ekonomi, kemudian mengatur keuangan kita sesuai dengan petunjuk yang sudah kita sampaikan. (***)

1 komentar:

  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus

INDONESIA PLASA