8 November 2010

Dampak Merapi Dana Beli Sapi Cair

INDONESIA PLASA

Senin, 8 November 2010 | 15:53 WIB
Bangkai hewan ternak sapi milik Adi Sehono tergeletak mati di halaman rumah akibat letusan Gunung Merapi di Dusun Kaliadem, Desa Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, DI Yogyakarta, Kamis (28/10/2010). Letusan Gunung Merapi mengakibatkan ribuan warga mengungsi, ratusan rumah hancur, dan 32 orang warga meninggal dunia.

Ketua Komisi VIII Abdul Karding Kadang mengatakan, dana pembelian sapi untuk para korban bencana Gunung Merapi sudah cair. Dana sudah diterima ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan tinggal disalurkan ke masyarakat.

"Dana on call yang dulu sudah disepakati Rp 150 miliar sudah cair menurut BNPB, paling tidak untuk Wasior, Mentawai, dan Merapi. Lalu Rp 100 miliar untuk pembelian sapi juga sudah cair," katanya di Gedung DPR RI, Senin (8/11/2010).

Untuk mengawasi penggunaannya, komisi membentuk tiga tim pengawasan tanggap bencana. Tim ini dibagi menurut wilayah pengawasan, yaitu tim untuk daerah Yogyakarta, tim untuk Magelang, serta tim untuk Klaten dan Boyolali. Tiap tim terdiri dari enam sampai tujuh anggota DPR. "Tinggal kita awasi penggunaannya agar tidak salah," tambahnya.

Tim juga akan bekerja secara bertahap untuk memastikan pencairan anggaran bencana tidak penuh birokrasi dan sulit. "Atau jangan dijadikan kesempatan untuk dikorupsi karena ini kan sedang dalam kepanikan," tandasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INDONESIA PLASA