8 November 2010

UMKM Masih Anggap Inovasi Jadi Beban

INDONESIA PLASA
Senin, 8 November 2010 | 13:12 WIB
Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, Marzan A Iskandar, sedang meninjau salah satu stan Pameran Gelar Inovasi UMKM 2010, Senin (8/11/2010) di Lobi Gedung 2 BPPT.

Bagi sebagian besar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), inovasi masih menjadi beban karena dianggap harus menggunakan teknologi. Padahal, sedikit perubahan pada produk yang dilakukan oleh para pengusaha juga merupakan inovasi tersendiri.

"Suatu produk bisa dikatakan sudah melakukan inovasi, asalkan ada perbaikan, meski itu sedikit," ujar Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, Marzan Aziz Iskandar, Senin (8/11/2010) di Jakarta.

Marzan mengatakan, akibat anggapan yang salah tentang inovasi itu, ditemukan banyak calon peserta yang enggan mengikuti pameran karena produk usahanya merasa tidak bernilai inovasi. "Ke depan, kita perlu melakukan sosialisasi pemaknaan kata inovasi yang benar agar tidak terjadi kesalahpahaman," ujarnya dalam kata sambutannya dalam Pameran Gelar Inovasi UMKM Indonesia 2010 di Lobi Gedung 2 BPPT, Jalan MH Thamrin.

Pameran berlangsung selama tiga hari hingga Rabu (10/11/2010) mendatang. Pada hari terakhir, BPPT akan memberikan penghargaan PI-UMKM Awards.

Menurut Ketua Panitia Kunto Baiquni, pameran tersebut untuk memamerkan produk-produk unggulan hasil inovasi UMKM. "Kita ingin memberikan apresiasi atas prestasi UMKM yang telah dicapai," kata dia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INDONESIA PLASA