8 November 2010

Malaysia Akan Bangun Jembatan Malaka-Dumai

INDONESIA PLASA
Senin, 21 Desember 2009 | 14:56 WIB

Malaysia menyatakan keseriusannya dalam merealisasi pembangunan jembatan yang menghubungkan batas Indonesia-Malaysia melalui jembatan Dumai-Malaka.

Pernyataan itu disampaikan oleh Lim Sue Beng mewakili Gubernur Malaka, Datuk Seri Mohd Ali Rustam, ketika memaparkan proyek jembatan Dumai-Malaka di hadapan para kepala daerah yang menghadiri rapat koordinasi gubernur se-Sumatera di Pekanbaru, Senin (21/12/2009).

Lim yang merupakan Direktur Strait of Malacca Partner Sdn Bhd, selaku perusahaan kerja sama pembangunan jembatan di Malaka itu, mengatakan, pemerintah Malaysia telah melakukan studi kelayakan atau feasibility study terhadap pembangunan jembatan itu.

Sejumlah calon investor dari China dan lembaga pinjaman dari negeri "Tirai Bambu" itu juga telah menyatakan kesanggupan dalam melakukan pembiayaan pembangunan jembatan sepanjang 48 kilometer yang menghabiskan 12,75 miliar dollar AS. "Dari feasibility study yang kami lakukan, kalau jembatan saja yang dibangun maka menghabiskan dana 12,75 miliar dollar AS, sedangkan jika dilengkapi dengan terowongan maka 15 miliar dolar AS," jelasnya.

Realisasi pembangunan jembatan itu, lanjut Lim, merupakan bentuk kerja sama kedua negara melalui program yang menghubungkan negara-negara di Asia Tenggara (ASEAN Connectivity) hasil dari pertemuan ASEAN Summit yang berlangsung di Thailand beberapa waktu lalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INDONESIA PLASA