12 Oktober 2010

DANA ASING DI SBI TUMBUH DENGAN REKOR BARU

INDONESIA PLASA BY:Toni Samrianto.

SERTIFIKAT BANK INDONESIA

Posisi modal asing di instrumen Sertifikat Bank Indonesia (SBI) memecahkan rekor baru pada pekan lalu. Data Bank Indonesia terbaru mencatat, posisi asing di instrumen SBI sampai dengan 8 Oktober 2010 lalu mencapai Rp 78 triliun.

"Dari total outstanding SBI sampai dengan 8 Oktober 2010 senilai Rp 251,78 triliun, sebanyak 31 persen atau setara Rp 78 triliun adalah SBI miliki investor asing," ujar Kepala Biro Humas BI Difi A. Johansyah dalam surat elektronik yang diterima oleh KONTAN, Selasa (12/10/2010).

Hal ini merupakan indikator paling kuat besarnya aliran modal dari luar alias capital inflow yang membanjiri pasar keuangan Indonesia. Peningkatan nilai SBI asing ini terjadi sejak dua bulan belakangan. Posisi asing di SBI sempat anjlok di titik yang cukup rendah pada Juli lalu yakni hingga di kisaran Rp 30-an triliun. Namun, investor asing kini agaknya mulai kembali lagi membanjiri instrumen bebas risiko tersebut untuk memburu cuan pembiakan dana.

BI sendiri mengakui, minat investor asing terhadap SBI ini amat besar. Bagaimana tidak, selain merupakan instrumen bebas risiko karena diterbitkan oleh bank sentral yakni BI yang mustahil bangkrut, SBI juga menawarkan imbal hasil alias yield yang masih amat menarik yakni di kisaran 6,5 persen. Bandingkan dengan instrumen keuangan di negara lain yang menawarkan yield jauh di bawah itu ditambah risiko yang lebih besar.

"Instrumen SBI ini sangat seksi di mata investor," ujar Deputi Gubernur BI Hartadi Sarwono.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INDONESIA PLASA