20 Oktober 2010

MANAJEMEN GUDANG GARAM ENGGAN BERBICARA BISNIS PENERBANGAN



INDONESIA PLASA BY:Toni Samrianto.

Manajemen PT Gudang Garam, Tbk, Kediri, Jawa Timur, enggan berbicara tentang bisnis penerbangan dengan mendirikan anak perusahaan bernama PT Surya Air, yang bergerak di bidang usaha pengangkutan udara niaga tak berjadwal.

"Saya malah belum tahu masalah itu. Dalam rapat, sepertinya juga belum dibahas," ujar Bagian Hubungan Masyarakat PT GG Tbk, Kediri, Yuli Rosiyadi saat dihubungi, Rabu.

Ia enggan berbicara tentang bisnis baru dari GG tersebut. Ia juga tidak mengungkapkan orientasi perusahaan rokok terbesar di Kediri tersebut walaupun ia mengetahui manajemen lebih banyak orientasi pada hiburan dan olahraga pada tahun 2010 ini.

Yuli juga tidak mengungkapkan, tingkat keuntungan yang akan didapatkan perusahaan dengan lahan baru itu, dengan alasan yang sama, belum mengetahui.

"Manajemen belum mengungkapkan tentang masalah itu. Jadi, saya tidak tahu," ujar Yuli.

Produsen rokok PT Gudang Garam Tbk (GGRM) mulai merambah bisnis penerbangan. Sekretaris Perusahaan GGRM, Heru Budiman dalam keterbukaan informasi mengatakan pembentukan anak usaha itu dilakukan pada 15 Oktober 2010 lalu.

Dalam keterbukaan informasi tersebut disebutkan modal yang disetor perseroan dalam anak usaha itu sebesar Rp74,999 miliar atau setara 74.999 lembar saham. Besar nominal dari masing - masing saham itu adalah Rp1 juta. Dengan modal itu, tentunya mencerminkan kepemilikan 99,99 persen saham GGRM di PT Surya Air tersebut.

Heru mengatakan dengan pembentukan anak usaha itu diharapkan dapat menunjang kegiatan bisnis inti perseroan.Kementerian Perhubungan menyatakan GGRM melalui PT Surya Air berencana membentuk maskapai penerbangan carter baru di Indonesia.

Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Herry Bakti S. Gumay mengatakan, keinginan itu telah disampaikan manajemen GGRM kepada Ditjen Perhubungan Udara selaku otoritas penerbangan sipil Indonesia.Dalam pengajuan itu, GGRM mau buat "charter flight".

Namun, sebelum diputuskan, PT Surya Air terlebih dahulu harus memenuhi persyaratan operasi sebagai maskapai carter dengan mengoperasikan minimal tiga pesawat, yakni satu berstatus milik dan dua lainnya bisa sewa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INDONESIA PLASA