13 November 2010

Pahami Pancasila Obama Bisa Jadi Duta Indonesia

INDONESIA PLASA
Presiden Amerika Serikat Barack Obama melambaikan salam dari pesawat Kepresidenan Air Force One di Bandara Halim Perdana Kusama, Jakarta Timur, Rabu (10/11/2010). Selanjutnya Obama terbang menuju Seoul, Korea Utara untuk menghadiri KTT G-20.

Kuliah umum Presiden Amerika Serikat Barack Obama di Balairung Universitas Indonesia Depok, Rabu (10/11/2010), menunjukkan bahwa orang nomor satu di Amerika Serikat tersebut sangat memahami Indonesia. Obama memang pernah menghabiskan masa kecilnya di Jakarta selama empat tahun sejak 1967. Obama, misalnya, secara fasih mampu berbicara soal Pancasila dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

"Saya kira, pemahaman Obama yang baik tentang Indonesia ini merupakan modal untuk comprehensive partnership Indonesia-AS. Obama juga bisa menjadi duta kehormatan untuk mewartakan Indonesia yang sebenarnya kepada dunia internasional," kata mantan anggota Komisi I DPR RI, Andreas Pareira, yang juga Ketua DPP PDI-P, kepada Kompas.com.

Andreas mengatakan, masyarakat Indonesia berharap Obama konsisten dalam memperkuat hubungan bilateral Indonesia-AS dengan basis kemitraan yang sejajar.

"Dan tentunya, pihak diplomasi Indonesia, khususnya pemerintah, (diharapkan) mampu memanfaatkan kunjungan dan posisi strategis Obama ini bukan hanya untuk mengejar citra pribadi, melainkan untuk kepentingan bangsa dan negara Indonesia," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INDONESIA PLASA